Cara Menggunakan ATM di Mesin ATM

Cara menggunakan ATM sebenarnya sangat mudah apalagi bagi anda yang sering menggunakannya, namun bagi orang yang baru menggunakan atau membuat kartu ATM tentunya hal tersebut cukup membingungkan dan mungkin merasa "ketakutan" akan membuat kesalahan yang akan menyebabkan kartu ATM anda rusak atau sebagainya. Maka dari itu saya membuat artikel ini untuk membantu orang yang baru menggunakan ATM.

Sebelum mengetahui cara menggunakan ATM ada baiknya mengetahui apa itu ATM, ATM merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri, dalam bahasa inggris Automated Teller Machine, jadi ATM merupakan alat elektronik yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti transfer uang, mengambil uang dan mengecek saldo tanpa dilayani oleh seorang teller bank.


Seiring perkembangan, ATM juga bisa digunakan untuk membayar tagihan telepon, tagihan listrik, membeli tiket pesawat dan lain sebagainya. Nah dari semua fungsi ATM tersebut apa yang akan anda lakukan, apakah mengambil uang, melakukan transfer, membayar tagihan listrik atau sekedar mengecek saldo tabungan anda?

Jika anda hanya ingin mengetahui saja cara menggunakan ATM, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu cara menggunakan ATM dengan contoh ATM Bank Mandiri.

1. Masukkan Kartu ATM

Pastikan anda memasukan kartu ATM anda dengan benar

2. Pilih Bahasa


Setelah memasukkan kartu ATM anda nanti akan muncul pilih bahasa, silahkan pilih bahasa yang akan anda gunakan, jika ingin membatalkan transaksi anda bisa tekan tombol cancel yang terdapat pada keypad nomor yang yang berwarna merah.

3. Masukkan Nomor Pin Anda


Setelah pilih bahasa lalu masukkan nomor pin anda, untuk bank mandiri biasanya 4 digit, lalu tekan enter dan ingat jangan memberitahukan pin dan nomor kartu anda kepada siapapun.

4. Pilih Transaksi Yang Anda Inginkan


Setelah memasukkan nomor pin anda maka akan muncul menu utama yang terdiri dari pilihan penarikan uang, penarikan jumlah lain, transaksi lainnya, bayar/beli, prabayar mandiri. Jika tujuan anda menggunakan ATM adalah untuk mengambil uang, anda tinggal tekan tombol sesuai jumlah uang yang ingin anda ambil.

Jika jumlah uang yang ingin anda ambil tidak sesuai dalam menu tersebut anda bisa memilih penarikan jumlah lain, misalnya Rp. 200.000 dan penulisan di ATM tidak menggunakan titik koma.

5. Selesai

Terakhir ambil uang anda yang keluar dari atm dan jangan lupa untuk mengambil kartu atm anda. Bagaimana? cukup mudah bukan cara menggunakan atm?


  • cara menggunakan atm bni
  • cara menggunakan atm bca
  • cara menggunakan atm mandiri
  • cara menggunakan atm bank jateng
  • cara menggunakan kartu atm pertama kali
  • cara menggunakan atm cimb niaga
  • cara menggunakan atm dalam bahasa inggris
  • cara menggunakan atm bersama