Tanya :

Bagaimana cara dan strategi kita agar bisa mendapatkan 1 juta pengunjung blog setiap hari?

Jawab :

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami sampaikan terimakasih dulu kepada sumber. Yaitu panduanIM, portaluang, juragancipir, caraline dan pemilik-pemilik atau blogger senior. Dari sanalah sumber tulisan ini. Yoi kita bahas.

Jadi mendapatkan satu juta pengunjung blog setiap ya pertanyaannya. 

Mimpi ya.

Sama sekali tidak. Asal rajin mengmalkan cara-cara ini. Ini dia cara-caranya.

1. Rajin Shalat dan Berdhoa

Ngeblog itu ibarat usaha ternak, usaha bertani dan usaha-lain yang oleh agama kita disebut ikhtiar. Jadi Cara dan Strategi ngeblog untuk mendapatkan 1 Juta Pengunjung Setiap Hari juga butuh usaha yang keras. Seperti EKA LESMANA atau blogger-blogger yang lain.

Kesimpulannya, dari Allah lah rizki itu datang. Maksudnya Allah akan mengetuk pintu hati para pengguna internet untuk mengunjungi blog kita, sebagaimana ceramah DISINI

2. Meningkatkan traffic non-organik


Hampir semua orang yang sudah pernah mengelola website tahu bahwa search engine merupakan sumber traffic terbesar dan tertinggi kualitasnya. Karena itulah kita mempelajari SEO. Tapi ada yang banyak orang tidak tahu, bahwa teknik SEO mereka sudah ketinggalan jaman.

SEO jadul dan modern

Dulu, kita mencari backlink dengan cara submit ke situs-situs social bookmark, guestbook, press release, PBN, dan komentar blog untuk mendapatkan peringkat 1. Tapi sekarang cara itu tidak lagi efektif. Google sudah melakukan depresiasi terhadap nilai backlink dari jenis situs tadi.

Artinya backlink dari situs-situs tadi tidak lagi bisa secara signifikan meningkatkan rangking. Meskipun dalam jumlah besar. Karena tergolong spam. Sebaliknya, SEO modern seperti ini…

Kita melakukan pemasaran, kemudian mendapatkan pengunjung. Dari pengunjung yang berdatangan, ada sebagian yang akan memberikan backlink. Dari backlink jenis inilah anda akan mendapat peringkat 1. SEO modern: mendapatkan pengunjung yang tepat dulu, baru kemudian peringkat akan naik

Click To Tweet Hasilnya luar biasa: Dengan sedikit backlink saja dari teknik ini, peringkat anda di hasil pencarian akan langsung meroket. Oleh karena itulah, pertama-tama kita harus mendapatkan traffic non-organik dulu… yang bukan dari mesin pencari.

Inilah caranya…

Sediakan konten yang berpotensi viral


Kita tidak bisa menjamin konten yang kita buat jadi viral. Tapi kita BISA mengupayakan agar konten tersebut memiliki peluang yang besar untuk jadi viral. Jangan bayangkan viral yang terlalu besar seperti video Gangnam Style. Yang dimaksud viral adalah konten tersebut di-share oleh orang lain ke social media.

Caranya dengan menambahkan 6 faktor tertentu, yaitu elemen pemicu popularitas, Elemen pemicu popularitas, Kalau anda membaca artikel di atas, anda akan menemukan 6 hal yang akan memicu seseorang untuk membagikan konten anda kepada orang lain. Atau langsung mencontoh website yang sering viral seperti hipwe

Hipwee mendapatkan 1 juta visitor hanya dalam 4 bulan setelah diluncurkan. Ini karena mereka secara konsisten memberikan konten-konten yang berpotensi viral. Tidak harus dengan model yang sama…

Hipwee memang khusus menampung konten yang topiknya viral, dalam kategori apapun. Kalau anda punya blog yang hanya dalam topik tertentu, jangan keluar dari topik utama. Cukup tiru bagaimana cara mereka menyajikan konten. Terutama gambar, judul, sub-judul, dan penulisannya.

Aktif di Facebook Groups


Sewaktu DiskusiAds dengan artikel ini bersumber dari panduanIM pengunjungnya berasal dari grup-grup di Facebook.Tapi, sebagian besar blogger yang memanfaatkan grup Facebook tidak bisa mendapatkan banyak pengunjung… Kenapa?

Ini permasalahannya Facebook punya filter spam yang ketat. Ketika link-link yang anda post tidak mendapat respon dari orang lain, maka secara tidak sadar anda sudah dicap sebagai spam oleh sistemnya.

Maka dari itulah seberapa seringnya pun anda mengirim link ke Facebook, tidak ada yang mengunjungi. Lalu apa mustahil promosi di Facebook?

…Nggak juga

Kalau anda melakukan promosi yang tepat, hasilnya akan sangat luar biasa. Ikuti langkah-langkah ini: Misalnya anda punya blog & konten tentang merawat kucing, carilah grup Facebook yang membernya membutuhkan informasi tadi.

Grup kucing. Anda tidak boleh langsung menaruh link begitu saja tanpa kenal dengan anggota grup. Anda juga tidak boleh langsung menaruh link setelah kenal dengan anggota grup.

…kapan bolehnya?

Setelah anda dikenal sebagai orang yang sering membantu orang lain. Supaya dikenal, sering-seringlah menjawab pertanyaan anggota grup dan sering-seringlah berbagi ilmu tanpa link. Karena ini sangat penting, akan saya ulangi secara singkat supaya tidak terlewat.

3 larangan promosi di grup Facebook:

  •     Jangan promosi tanpa punya konten yang berkualitas
  •     Jangan promosi di grup yang tidak berhubungan dengan topik konten
  •     Jangan promosi sebelum anda dikenal oleh sebagian besar anggota

Resikonya besar, jadi sebaiknya ikuti aturan ini Buat grup sendiri di Facebook. Daripada numpang di grup lain, membuat grup sendiri bisa lebih efektif.

Sebagai admin di sebuah grup, post anda akan bisa menjangkau lebih banyak anggota. Karena post dari admin hampir selalu muncul di News Feed anggotanya. Karena itu saya juga baru-baru ini membuat grup Diskusi Ads di Facebook.

Supaya grup anda ramai, caranya adalah

  • Sediakan konten khusus anggota grup, bisa berupa ebook atau artikel
  • Beritahukan ke grup lain bahwa mereka bisa mendapatkan konten khusus kalau gabung ke grup anda

Istiqomah di Google+ Community


Kata siapa Google+ itu sepi?

Dibanding Facebook memang lebih sedikit orangnya, tapi isinya lebih bersih dari spam dan orang-orangnya lebih antusias. Grup sehat

Kalau anda punya konten tentang pola makan sehat, atau pola diet, komunitas di atas bisa memberikan banyak traffic ke blog anda.

Tapi sama dengan Facebook, 3 larangan tadi tetap berlaku.

Bahkan di Google+ lebih ketat lagi karena link yang dicap sebagai spam akan langsung terhapus.

Satu hal lagi:

Perhatikan di poin nomor 2 dan 3 ini saya menyarankan anda untuk masuk ke komunitas. Bukan membuat page kemudian publish artikel di page sendiri…

..Tidak efektif.

Blog baru berarti akun social-nya masih sepi.

Artinya walaupun anda setiap hari post link ke social media tanpa melalui komunitas, tidak akan ada yang membaca.

Temukan forum yang relevan, dan aktif sebagai anggota


Dari forum anda bisa mendapatkan backlink langsung (meskipun nofollow), dan anda bisa menjalin hubungan dengan anggota lain.

Dulu sumber sering aktif di sebuah forum baru bernama IdBlogSchool

Melalui forum tersebut saya mendapat banyak pengunjung tentunya.

Tapi bukan hanya itu.

Karena merupakan forum baru, anggotanya lebih sedikit dibandingkan komunitas FB dan G+. Tapi kita bisa jadi lebih kenal dekat dengan anggotanya.

Sehingga, tidak sedikit anggota forum tersebut yang memberikan backlink di blog mereka untuk saya.

Contohnya teman saya ini:

rekomendasipim

Cara mencari forum di Google:

    Forum + “topik”
    Forum + “komunitas”

Masih kurang? Aktif di situs tanya-jawab


Mirip dengan forum, tapi berbeda.

Memang saat ini belum banyak situs tanya-jawab besar di Indonesia. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Anda tidak perlu jadi terlalu aktif di situs tanya-jawab. Kalau memang ada pertanyaan yang bisa dijawab langsung dengan konten anda, langsung saja berikan linknya beserta penjelasan singkat.

Berikut beberapa situsnya:

  •     Yahoo! Answer
  •     Brainly
  •     Takon (aplikasi Android)
  •     Quora (internasional)

Jalin hubungan dengan blogger-blogger lain


Teknik-teknik di atas itu sebenarnya untuk menjalin hubungan dengan calon pembaca, atau istilahnya audience.

Tapi ada yang lebih ampuh kalau anda ingin mengembangkan blog dengan lebih cepat. Yaitu menjalin hubungan dengan blogger lain.. istilahnya influencer.

Alasannya begini:

Misalnya seorang audience share 1 konten anda ke social media.

Orang-orang yang berstatus sebagai audience hanya punya sedikit follower, dan bahkan mungkin dari follower mereka tidak ada yang tertarik dengan konten kita.

Jadi tidak ada lagi yang klik hasil share dari audience.

Tapi misalkan konten anda di-share oleh influencer dengan 10ribu follower aktif.

Maka akan ada ratusan sampai ribuan orang yang akan datang ke website anda.

Itu sebabnya penting untuk berhubungan dengan mereka.

Sekarang caranya…

  •     Cari blogger-blogger lain yang topiknya sama dengan anda. Google: “topik” + blog.
  •     Follow akun social-nya
  •     Retweet/like, dan share konten mereka secara konsisten
  •     Berikan komentar yang berkualitas di blognya
  •     Pasang link menuju blog mereka di konten anda

Langkah 2-4 bertujuan agar mereka menyadari keberadaan kita.

Dan supaya kesannya positif.

Hati-hati dalam menjalin hubungan, karena kalau anda dianggap sebagai pengganggu maka anda akan diabaikan. Artinya anda kehilangan potensi bantuan yang berharga.
Untuk menjalin hubungan positif dengan orang lain, pertama kita harus menolong mereka

Click To Tweet

Beritahukan konten unggulan anda kepada influencer



JANGAN lakukan ini kalau anda belum membangun kesan positif di mata blogger lain. Bahaya… Tapi kalau berhasil, efeknya luar biasa. JANGAN pula mengirimkan konten anda ke blogger yang tidak tertarik dengan topik konten anda.

Ini sering terjadi:

Misalnya, karena saya blogger tentang marketing, SEO, dan blogging.. maka jangan kirimkan konten dalam topik di luar itu tadi. 100% akan saya skip.

1 hal lagi yang perlu anda punya:

Alasan.

Apa yang membuat mereka mau membaca konten anda? Apa yang membuat mereka akan membantu mempromosikan konten anda?

Ini beberapa tips-nya:

  • Bahas mengenai mereka di konten. Kalau diperhatikan di konten ini, ada beberapa link menuju website lain… lakukan seperti itu.
  • Minta mereka untuk menulis pendapat mengenai topik yang anda angkat, kemudian kutip jawaban mereka di dalam konten

Itulah 2 cara yang selalu saya lakukan untuk mendapat share dari influencer.

Ubah format judul supaya menarik untuk di-klik


Bayangkan anda sedang di Facebook, lalu ada 2 artikel dengan judul berikut:

    Cara menurunkan berat badan

Langkah menurunkan berat badan hingga 10kg dalam 30 hari (Anggaplah anda tertarik dengan topiknya). Kalau anda pilih yang kedua, berarti pemikiran anda sama dengan 90% manusia normal lainnya.

Ketika konten di-share, atau muncul di hasil pencarian Google.. yang terlihat hanya judulnya. Jadi apakah seseorang akan melakukan klik atau tidak tergantung judul.

Maka dari itu judul bisa secara instan meningkatkan traffic anda.

Ada 4 U dalam menulis judul, menurut Copyblogger:

  •     Useful – menjelaskan manfaat untuk pembaca
  •     Urgency – terkesan mendesak/darurat/penting
  •     Unique – menyajikan ide utama dari sudut pandang yang berbeda dari konten lain
  •     Ultra-specific – ditulis dengan spesifik

Karena pentingnya judul, maka saya membuat panduan khusus dalam penulisan judul.

Ada 8 konsep dan bonus 10 template dalam link di atas.

Gunakan minimal 1 gambar untuk meningkatkan klik


Orang-orang di social media lebih suka melihat gambar daripada melihat tulisan. more-engaging-Facebook-page-image-posts. Dibandingkan teks, foto di Facebook mendapat lebih banyak like dan comments. Bedanya juga cukup jauh.

Sekarang, coba kita bandingkan: Antara artikel yang tidak memiliki gambar… Post tanpa gambar …dengan yang bergambar. Post bergambar. Saya yakin semua pasti sepakat yang bergambar lebih “mengundang” untuk di-klik.

Mengupload gambar untuk konten tidak memakan waktu lama, jadi jangan sampai anda melewatkan peluang traffic yang besar hanya karena sedikit malas. Kita juga bisa mendapatkan foto gratis di:

    Pixabay
    Pexels
    Stock Up
    StockSnap
    Pablo (bisa langsung diberi teks)

Newsjacking – curi traffic dari berita yang sedang hot


Apa yang akan anda lakukan kalau ada berita yang sedang hot dalam topik yang sama dengan blog anda?

Ikut membuat artikel berita?. Kalau iya… anda melewatkan kesempatan besar. Di hari yang sama ketika berita tersebut beredar, ada ribuan sampai jutaan blog dan website berita lain yang juga membuat artikel berita yang itu-itu saja.

Akibatnya, konten anda tenggelam.

Tapi ada cara yang lebih dahsyat:

Newsjacking.

Newsjacking artinya kita membuat sebuah konten terkait berita yang tren tapi ditambah ide, penjelasan, atau gagasan, dari anda sendiri.

Bingung?

Contoh:

Sekitar bulan Februari-Maret 2015 ada fenomena The Dress. (Gaun yang warnanya biru-hitam tapi kelihatan seperti putih-emas). Sementara website lain sibuk membuat berita, The Wired dalam artikel ini memberikan penjelasan di balik fenomena tadi.


Akibatnya, selama tren tersebut masih hangat.. konten mereka juga jadi ikut hangat. Sama halnya dengan video dari ASAP Science ini yang mendapat 20juta views. Jadi, lain kali ketika ada berita yang panas jangan hanya membuat berita.. melainkan berikan analisa anda di balik berita tersebut.


Buat konten tentang kumpulan artikel/blog


Kalau ada punya blog, saya sarankan minimal ada 1 konten kumpulan. Konten kumpulan itu misalnya:

“10 blogger kesehatan terbaik di Indonesia”, “17 blogger sukses asal Jakarta”, “21 artikel tentang diet yang harus anda baca”, dsb…

Intinya dalam 1 artikel berisi daftar blog atau artikel milik orang lain. Ada 2 keuntungannya:

  •     Konten seperti ini cenderung lebih populer daripada konten biasa
  •     Bisa digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan dengan blogger lain (seperti nomor 6 tadi)

Ini salah satu contoh artikel berbentuk kumpulan yang dibuat sumber

Tips Blogging Sukses

Dalam beberapa jam setelah diterbitkan, pengunjung PanduanIM langsung meningkat hingga 4x lipat! Pengunjung meningkat drastis

Mengapa bisa begitu?

Karena hampir semua blogger yang saya masukkan dalam artikel tersebut akhirnya ikut mempromosikan artikelnya…meskipun saya tidak kenal sebelumnya. Mereka share karena ada nama mereka di dalamnya.

Dan mereka-mereka ini sudah punya ribuan bahkan ratusan ribu follower. Sekali share saja bisa langsung mengirimkan ratusan sampai ribuan pengunjung.

Bukan cuma itu…

Pembaca situs blog sangat suka kalau ada 1 artikel yang isinya sangat-sangat lengkap. Semakin puas mereka maka semakin tinggi kemungkinan artikel anda untuk direkomendasikan. Itulah mengapa anda sebaiknya punya artikel seperti contoh tadi.

Kumpulkan email para pembaca loyal, lakukan list building


Kalau anda perhatikan baik-baik, di beberapa tempat di website ini ada form pendaftaran email.

Untuk apa?

Agar mereka yang suka dengan konten kita ingat untuk kembali lagi ketika ada konten-konten baru. Bagi anda yang memiliki bisnis online, list building dan email marketing juga merupakan media terbaik untuk mengubah dari orang yang tidak dikenal hingga jadi kustomer yang loyal. Email sudah dikenal sejak lama sebagai sumber traffic terbaik.

Mengalahkan search engine.

email roi

Demikian pula dalam hubungannya dengan mendatangkan pengunjung.

Mereka yang mendaftarkan emailnya adalah mereka yang puas dengan konten anda. Mereka ingin lagi.. dan mereka ingin membagikan konten anda kepada orang lain.

Maka dari itu, tangkap orang-orang ini agar jadi anggota.

Baca panduan list building ini.
B. Meningkatkan traffic organik (dari mesin pencari)

Pada dasarnya, Google (dan mesin pencari lain) itu hanya sebuah sumber traffic bagi pemilik website. Sama seperti Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lain.

Tapi ada alasan mengapa mesin pencari dipisahkan dalam panduan ini…

…karena trafficnya berkelanjutan dan kualitasnya tinggi.

Melalui sumber non-organik tadi, kita bisa mendapatkan ledakan traffic dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Ledakannya tidak panjang (kecuali anda sudah punya banyak follower).

Maka dari itu mesin pencari berbeda.

Jadi prosesnya begini:

Traffic dari non-organik bertujuan menaikkan peringkat di mesin pencari karena mendapatkan backlink yang berkualitas, sehingga website mendapatkan traffic jangka panjang.

Untuk bisa mendapatkan traffic dari mesin pencari, ada yang harus anda persiapkan.

Inilah 7 di antaranya.


Selalu pilih keyword dengan volume pencarian tinggi


Seorang teman saya dulu bilang begini:

“Artikel saya sudah ada di peringkat 1 Google tanpa pusing-pusing memikirkan SEO”.

Hebat kan?

Sayangnya…tidak terlalu.

Karena ternyata artikel buatannya mendapatkan peringkat 1 untuk keyword yang tidak diminati, alias tidak ada yang mencari.

Jadi ini yang harus anda lakukan setiap kali membuat konten baru:

    Tentukan topiknya
    Masukkan topiknya ke Google Keyword Planner
    Temukan kombinasi kata yang volumenya paling besar

Misalnya..

Anda ingin membuat artikel berisi panduan melamar kerja.

Masukkan topiknya ke GKP.

Keyword melamar kerja

Ternyata ada kombinasi kata yang pencariannya lebih tinggi, yaitu “cara melamar kerja”.

Kemudian gunakan keyword ini sebagai keyword utama pada bagian ini:

  •     Tubuh artikel
  •     Judul
  •     Meta description

Tips: kalau anda tidak mengerti beberapa istilah di atas dan cara kerjanya, silahkan baca panduan keyword research untuk pemula dan panduan SEO ini.


Kumpulkan keyword turunan untuk mendominasi long tail


Dalam contoh di atas, meskipun volume-nya hanya 590 tapi sebenarnya kalau ditambahkan dengan keyword turunan totalnya jadi 1060.

Ada 2 keyword lain selain keyword utamanya.

Yaitu “melamar kerja” (260 pencarian) dan “tips melamar kerja” (210 pencarian).

Jadi selain menggunakan kata kunci utama dalam artikel, judul, dan meta description, sertakan keyword turunannya sebisa mungkin.

Misalnya judulnya jadi “Cara melamar kerja – 21 tips mudah agar cepat mendapatkan pekerjaan“.

Judul ini sudah mengandung 3 keyword tadi, tapi tetap enak dibaca karena sesuai tata bahasa.

Bukan hanya itu….

Kata kunci “cara mendapatkan pekerjaan”, “cara mudah mendapatkan pekerjaan”, “cara mudah mendapatkan pekerjaan” masing-masing punya volume 210, 210, dan 110.

Cara mendapatkan pekerjaan keyword

Setelah ditotal ulang, kita sekarang punya 1590 pencarian.

Lumayan kan, tambahan 1000 dari keyword utama.

Buat konten unggulan yang bisa mendatangkan backlink


Pernah dengar istilah bibit unggul?

Para petani selalu ingin menanam bibit unggul di ladang mereka karena memiliki kualitas yang baik dan cepat memberikan buah.

Seperti inilah filosofi konten unggul(an).

Artinya konten yang sedemikian mengagumkan yang membuat banyak petani (dalam hal ini blogger) ingin menanam link konten anda di ladang (website) mereka.

Tentunya akan menghasilkan buah juga, berupa backlink bagi anda.

Kunci untuk menciptakan konten unggulan hanya 2:

    Topiknya harus bisa direkomendasikan (terutama di publik)
    Bobotnya harus jauh lebih tinggi dari konten lain

Konten unggulan

Tidak semua topik bisa menjadi konten unggulan. Meskipun topik yang punya pencarian tinggi sekalipun, belum tentu bisa mendapatkan backlink.

Karena cukup kompleks untuk dibahas lebih lanjut, maka sebaiknya anda membaca artikel panduan membuat konten unggulan.

Optimasi artikel untuk mesin pencari


Optimasi artikel agar SEO-friendly tidak sulit, tapi seringkali dibuat sulit oleh banyak blogger yang baru mengenal SEO.

Saya ingatkan satu hal saja:

Jangan lakukan optimasi berlebihan. Artikel anda akan jadi seperti robot, sulit dibaca.

Pada dasarnya, istilah artikel SEO juga merupakan bawaan dari SEO jadul dimana kita mecoba memanipulasi Google dengan memberikan persentase khusus untuk kemunculan kata keyword di artikel. Istilahnya keyword density.

Akibatnya fatal…

Artikel anda akan dianggap spam oleh Google.

Yang lebih parah lagi, pengunjung tidak akan puas dengan sajian bacaan anda.

(urutannya benar seperti itu)

Kita tidak menulis untuk robot, tapi untuk manusia. Jadi fokus utama anda adalah memuaskan manusia, ketika manusia sudah puas maka Google menempatkan anda di puncak.

Jadi dalam SEO modern, artikel yang SEO-friendly adalah artikel yang human-friendly.

Tapi ada juga optimasi khusus untuk mesin pencari. Baca panduan membuat artikel SEO di sini.


 Sediakan linkable assets – aset yang mengundang backlink


    Artikel A panjangnya 1500 kata, semuanya huruf
    Artikel B panjangnya 1500 kata, dilengkapi gambar, grafik, tabel

Anggaplah topiknya sama, kualitasnya setara.

Mana yang membuat anda lebih tertarik untuk merekomendasikan?

Artikel B.. ya kan?

Ini karena artikel B punya aset.

Gambar dan sajian data itu merupakan aset yang bisa mengundang backlink.

Contoh lainnya:

    eBook
    Checklist, workbook, action list
    Foto jepretan sendiri (harus menarik)
    Infografis, audio, dan video
    Data yang disajikan dalam grafik atau tabel
    Tool, template, plugin, dll
    Istilah baru

Backlink adalah bentuk rekomendasi… rekomendasi adalah sebuah cerita kepada orang lain.

Aset itu bisa memberikan cerita tambahan pada konten.

Misalnya tadi saya memasang data persentase like & comment di Facebook oleh HubSpot. Data itu saya pasang karena bisa bercerita lebih spesifik kepada pembaca artikel ini.

Bandingkan lagi:

    Pengguna internet Indonesia meningkat 325% dalam 5 tahun
    Pengguna internet Indonesia meningkat pesat

Ketika saya ingin memberitahu orang lain, pasti lebih menarik yang pertama. Karena lebih spesifik dan bisa dibayangkan.

Demikian pula dengan aset lain seperti ebook dan template.

Keduanya akan lebih menarik untuk direkomendasikan kepada orang lain karena ada sesuatu yang bisa kita ambil langsung dibanding hanya membaca.


Lakukan link building


Dalam usaha mendapatkan pengunjung dari search engine, backlink adalah kuncinya. Membuat konten unggulan, membuat aset, itu adalah usaha link earning.. mendapatkan backlink. Earning.. pasif, kita menunggu orang lain memberikan link. Ada 1 bentuk lagi yaitu link building atau membangun backlink.

Link building berarti kitalah yang aktif mendapatkan backlink ke luar website, tidak menunggu secara pasif. Saya tidak akan berbicara panjang lebar mengenai link building karena dalam artikel ini sudah ada 10 cara mendapatkan backlink.


Aplikasikan teknik SEO proaktif untuk meningkatkan rangking


Dalam panduan ini ada 14 teknik SEO yang bisa anda lakukan sekarang juga. Kalau anda sudah selesai melakukan apa yang ada dalam artikel ini, segera menuju artikel tersebut untuk mengaplikasikan 14 teknik lagi.